Minggu, 22 Januari 2012

TUNTUNAN PITRA YAJNA ( NGABEN )


TATANAN PELAKSANAAN
PENGABENAN


Secara global tatanan pelaksanaan Atiwa Tiwa atau cara pengabenan disebutkan sebagai berikut :
1.      APRATIWA (WAHYA NGESENG BYANTARA NGIRIM)
Maksudnya : pembakaran dilakukan sesuai dewasa harinya nuju Beteng, ngirim buang abu dilaksanakan hari esoknya disebut kajeng atau byantara.
2.      TANDANG MANTRI (BYANTARA NGESENG BYANTARA NGIRIM)
Maksudnya : pelaksanaan pembakaran dan buang abu dalam satu hari.
3.      TUMANDANG MANTRI (BYANTARA NGESENG BYANTARA NGIRIM LANJUT NYEKEH NGERORAS)
Maksudnya : pembakaran dan buang abu dilaksanakan  dalam satu hari, dilanjutkan upacara nyekeh pada hari itu juga, puput sadina disebut ngelanus.
Dari ketiga cara pengabenan tersebut, dalam kaitannya atas mayat yang akan diaben, senantiasa diawali dengan prosesi MRETEKA SAWA.
Kegiatan itu meliputi : memandikan, menyucikan sawa ditiwakin tirtha pebersihan, pemanahan dan sarana lainnya, sampai sawa dibungkus digulung dengan pengulung yang disediakan. Setelah mayat terbungkus atau dilelet sebagaimana mestinya, lalu dinaikkan ke atas bale-bale yang terbuat dari bambu kuning dan diletakkan pada sebuah bangunan BALE GDE atau SAKANEM, dapat pula pada BALE TIANG SANGA yang khusus dibangun untuk kegiatan upacara agama. Setelah sawa diletakkan pada bale Tumpang Salu kemudian dipasangi kerangka kurungan dari bambu yang disebut pelengkungan, dibungkus dengan tikar halus majerumat, seolah-olah membentuk sebuah kuburan. Dipasangi kain rurub, kajang, ukur, sekar sinom dan kwangen. Di atasnya diletakkan angenan, rantasan dan beberapa sarana lainnya seperti : gegutuk, peneteh, penaring, adegan, tatukon, pisang jati, bunteh, tulup, ganjaran, cegceg, tah yang diletakkan di sekitar letak sawa. Tidak luput sebuah dammar kurung dipancang di depan samping pintu pekarangan rumah, dinyalakan apabila diadakan upacara tarpana (pemberian suguhan pada Pitra yang dipandu oleh sulinggih).
            Kegiatan mreteka sawa dimaksud, kadangkala dilaksanakan jauh sebelum hari dewasa pengabenan, mengingat prosesi ngaben yang diinginkan agar tampak megah meriah, dengan segala fasilitas sarana lainnya seperti : wadah/bade, bale salunglung, kreteg, patulangan persiapannya memerlukan banyak waktu. Dengan demikian sering tampak di suatu lingkungan pemukiman Hindu, peleletan nyekeh sawa atau ngeringkes sampai berbulan-bulan bahkan ada tahunan.
            Setelah dewasa atau hari yang dipilih untuk pelaksanaan ngaben dipastikan atau disebut NEGEM DEWASA, dan segala sarana yang diperlukan sudah siap, maka rangkaian karya diawali MIN LIMA HARI BUANG ABU, dengan susunan acara sebagai berikut :
HARI PERTAMA   : disebut penangian atau penundunan dengan kegiatan pitra puja tarpana.
HARI KEDUA      : disebut bengang  atau masa   hari tenang untuk introspeksi.
HARI KETIGA       : disebut pebaktian dengan kegiatan pitra puja tarpana bakti sentana.
HARI KEEMPAT   : disebut mageseng dengan kegiatan pitra puja tarpana mapepegat.
HARI KELIMA      : disebut Ngasti dengan kegiatan pitra puja tarpana pakiriman.
Susunan karya pengabenan seperti tersebut dinamakan APRATIWA.
Selanjutnya TANDANG MANTRI dan TUMANDANG MANTRI, kiranya akan dapat terpikirkan sebagaimana perbedaan-perbedaannya yang telah disebutkan di depan.
Disamping perbedaan tersebut, dan mengingat upacaranya diselesaikan dalam satu hari, maka prosesi mreteka sawa atau ngeringkesnya dapat disederhanakan yaitu ngeringkes di PATULANGAN juga tidak membutuhkan : angenan, ukur, tatukon, pisang jati, pengawak, dammar kurung, pelengkungan, wadah dan balai buncal. Peleletan dilaksanakan MIN SATU HARI PENGABENAN. Adanya penyederhanaan tersebut akan merupakan jawaban awal bagi yang kurang beruntung dan tidak perlu berkecil hati. Dalam BHAGAWADGITA disebutkan :
TAD AHAM BHAKTYOPAHRTAM, ASNAMI PRAYATATMANAH. (BG IX.26)
Yang maksudnya : bukan tingkatan besar-kecilnya persembahan menjadi ukuran, melainkan kesungguhan keikhlasan dan kesucian hati.
            Selain tatanan Pitra Yajna ngaben yang disebutkan di atas, masih ada cara atau indik ngaben yang mengacu pada lontar PURWA YAMA TATTWA.
ITI SASTRA PURWA YAMA TATTWA :  
Sedeng Bhatari Durgha hanaring gaganantara, tumon hatma sasaring kawahgnisara, wastu ksana hapalih warna bhatari harupa Sang Hyang Yamadipati, sira hang gamel hala hayuning hatma. 
Waneh pwa sira halungguh ring Yamaniloka, tumedun maring Wantipura nitibhumi, dadya ta somya nira hawarna Bhatari Huma, sira Hyangning Kahyangan Dalem huluning setra.
Kunang kalanira ring madhyaning setra agung rumaga sira Bhatari Durgha Dewi, hnengakna.
Mangke wasitaakna PANDYA SANG HATAPA HENDER, jumujuging palinggihira bhatari sedheng awarna Durgha Dewi, dadya kagiat bhatari, mangrak mangrik aptya manadaha sang pandya.
Saksana dateng Bhatara Brahma sumurup suksmeng brahmaangga sang pandya, apan sang Brahmana hinangken putra de Bhatara Brahma, hirika linesu gelengire Bhatari, ksana Sang Hatapa Hender haminta nugraha Bhatari, bwat kasidyaning adnyana kreta siksa, humilangakna letuh hatmaning wang mati, siddha mulihing swarga  bhawana.
Mangkana bhatari hapalih warna harupa SANGHYANG YAMADIPATI, maha krura rupa Rudra Murti tulya, tandwa hasung warah-warah ring Sang Pandya sapari kramaning pangaci sawaning wang mati, hala ayu, ikang yogya lawan tan yogya.
Yata nimitaning hana SASTRA PURWA YAMA TATTWA, kabyakta de sang Sadaka ri kuna-kuna ring bhumi Pasuruan Blambangan Jawadwipa katekeng BALI RAJYA.


NIHAN PAWARAH SANGHYANG YAMA :
Maka siddhaning tingkah angupakara sawaning wang mati, hagung-halit/nistha madyotama maka pamatuting ulah, kewala mati bener, haja pinendem, gesenge juga presiddha mulih maring Bhatara Brahma, apituwi TAN PABEYA swastaakna ring Sanghyang Agni putusa dening tirtha pangentas, dulurana daksina sanunggal, canang pitung tanding kunang beras catur warna macemper.
Riwus geseng bhasmi sawa ika, reka harengnya laju Sang pandya pamutus karya hanggelar sakramaning puja tarpana pakiriman, praline mituduhang nuli hanyut mareng we pangrarungan.
Wekasan sekama-kama wenang ngeroras nyekeh, sidha pada hanemu hayu, bhatara sama sukha mahiyang ring sapanagara Sri haji.

Dari pawarah tersebut di atas, khusus dalam pengabenan TAN PABEYA, tampak memang sangat sederhana pelaksanaannya. Pada hari dewasa pengabenan sawa dimandikan dibersihkan dengan sarana atau eteh-eteh pasiraman, metoya pebersihan wang mati, mapangulung tikeh lante, rurub sekar sinom masih di pepaga ayabin punjung. Kemudian sawa dibawa ke setra, di tempat pembakaran ditiwakin tirta pengentas, beserta sarana daksina satu, canang tujuh tanding, beras catur warna sebagaimana disebutkan di atas, lalu dibakar. Menjelang berakhir pembakaran haturi saji geblagan, diterapkan sarana penyeheb berupa : menyan astanggi, air kelapa gading, gadang, kelapa dhanta dan toya penyeheb. Setelah abunya dipunggut, disirami air kumkuman lalu direka dengan kwangen pangrekaan, lanjut Sang Sulinggih yang meminpin upacara menggelar puja tarpana pakiriman, sebagaimana biasanya NGUTPTI, STITI, MRELINA mituduhang dan berakhir dengan buang abu.
            Untuk patokan dalam pengabenan TAN PABEYA, penataan bantennya sebagai berikut :
  1. DI SANGGAR SURYA DAN PRAJAPATI, masing-masing suci satu soroh.
  2. DI SOR SURYA, gelar sanga dan segehan.
  3. DI SANDING PITRA, peras idehan, sodayan, katipat pesor, perangkatan, ajengan dahar sai, pendetan, bayuan dan blonyoh.
  4. BANTEN TEBEN, jangkep peras, angkeb, bubuh pirata, banten gowak, geledegan, panjang ilang matah-rateng, panjang penyenuk, peras cucu.
  5. PANGRESIKAN, kerik kuramas, lis, buhu, toya siram, tehenan, rantasan, palukatan, padudusan, sibuh pepek, sekarura.
  6. HAREPAN PAMUTUS KARYA, suci, daksina, canang, punya.
  7. PENGAYUT, banten pejatian.
Lain halnya dengan pengabenan yang disebut  APRATIWA, dimana prosesinya berhari-hari meliputi utpti, stiti dan prelina yang berulang kali, maka akan membutuhkan upakara banten berulang kali juga.
Selanjutnya, dalam menguraikan susunan jalannya upacara ngaben, akan banyak mempergunakan kata-kata atau bahasa bali, disamping sebagai proses pembelajaran pengenalan istilah-istilah dalam kegiatan Pitra Yajna, juga akan menambah gaung kesakralan.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar